16.2.08

Pencarian Literatur dengan eTBlast

M. Chusnan Aprianto

eTblast adalah Mesin Pencarian untuk mencari literatur biomedis di intenet. Etblast berbeda dengan PubMed. Perbedaannya dengan PubMed adalah pada input pencariannya. Jika PubMed mencari berdasarkan katakunci, eTBlast mencari literatur berdasarkan abstrak atau bagian abstrak dan menampilkan hasil yang mirip dengan inputnya.

Kelebihan eTBlast Dibandingkan dengan Mesin Pencarian Lain

Pencarian di PubMed misalnya, anda harus memasukkan katakunci. Kemudian muncul daftar literatur, dan anda memilih salah satu literatur yang cocok, demikian seterusnya sampai anda menemukan literatur yang cocok. Pencarian seperti ini membutuhkan banyak waktu dan tenaga. Pencarian di eTBlast berbeda dengan PubMed. Kelebihan pencarian menggunakan eTBlast adalah:
  1. Hasil pencarian diurutkan berdasarkan relevansi, sedangkan PubMed berdasarkan tanggal.
  2. Menyingkat waktu dan usaha pencarian.
  3. Menyediakan secara lengkap abstrak MEDLINE dan alamat PubMed.
  4. Hasil pencarian dapat dikirimkan ke email anda, sehingga anda tidak akan kehilangan alamat hasil literatur.
  5. Layanan yang diberikan gratis.
Situs eTBlast

Alamat situs eTBlast adalah http://invention.swmed.edu/etblast/index.shtml. Setelah masuk ke situs ini, anda dapat memulai pencarian dengan menekan tulisan eTBLAST Search atau masuk ke alamat http://invention.swmed.edu/etblast/etblast.shtml. Tampilan untuk halaman pencarian adalah sebagai berikut.


Pada halaman pencarian ini anda cukup memasukkan abstrak atau bagian abstrak yang akan dicari. Jika anda menyimpan abstrak tersebut dalam format *.txt, anda dapat memasukkan file tersebut ke bagian Upload. Caranya tekan tombol Browse, kemudian pilih file. Jika anda memasukkan alamat email, maka alamat hasil pencarian dapat dikirim langsung ke email anda.

Integrasi dengan Bibus

eTBast mengintegrasikan dengan Bibus. Pencarian eTBlast di Bibus sangatlah mudah. Anda cukup menekan Search > eTBlast on PubMed atau Ctrl + B. Jendela pencarian akan muncul seperti di bawah ini.

Bagian abstrak atau paragraf utuh ditulis pada kotak text. Jika anda ingin menerima email berisi hasil pencarian cukup masukkan alamat email ke kotak email. Terakhir, tekan Search untuk memulai pencarian.

Tidak ada komentar: